Skip to main content

CAMPAK DALUNG


Campak Dalung erat kaitannya dengan keberadaan suku laut atau Suku Sawang. Suku sawang merupakan suku pedalaman yang menetap dilaut. menurut budayawan setempat suku ini memiliki keterkaitan erat dengan masyarakat melayu asal johor yang hidupnya nomaden diatas kapal.

di Bangka Belitung keberadaan suku ini kebanyakan tersebar di kabupaten Bangka Selatan dan Belitung mayoritasnya telah hidup berbaur dengan masyarakat. 
Sebenarnya saya tidak akan membahas lebih dalam tentang keberadaan suku laut atau suku sawang ini, karena observasi yang tidak mendalam tentang keberadaan mereka, namun kali ini saya mencoba menceritakan pengalaman saya menyaksikan seni musik dan tarian campak dalung, yang menjadi bagian dari pengaruh keberadaan Suku Sawang terhadap tradisi dan budaya dari Masyarakat Desa Pongok. 



Lagi-lagi menurut bapak kamaludin seorang budayawan asal pongok, konon suku laut ini memiliki dua alat musik yang dikenal dengan dalung atau gong dan gendang besar berbentuk rebana menyerupai hadroh. Dua alat ini biasa digunakan dalam ritual bermusik atau sebagai alat pertukaran informasi dan media komunikasi suku laut.
Namun Dalung kini lebih populer dan banyak digunakan di ritual-ritual besar tradisi masyarakat pesisir, contohnya adalah Muangjong.
Berkunjung ke Desa Pongok saya sempat menyaksikan seni tari dan musik campak dalung, tepatnya di pesisir pantai Batu Tambun.
Campak Dalung memang terkenal angker dan sarat mistik, dulu tarian yang diringi lagu ini memang dikenal sebagai ritual memanggil roh laut pada acara Muangjong.
menurut warga keturunan suku laut yang tinggal di desa Pongok, jika roh laut berhasil dipanggil roh ini akan merasuki pawang atau dukun kampung.
Sikap anehpun muncul dari pawang yang dirasuki, mulai dari minum berliter air laut dengan lahap hingga berkomunikasi langsung dengan petinggi-petinggi makhluk laut di dasar laut selama dua jam, tanpa alat bantu selam. menyeramkan....



percaya tidak percaya setidaknya kisah inilah yang diceritakan banyak warga saat saya bertanya tentang seni campak dalung ini. Konon jika setiap aspek mistis dari tradisi muangjong ini berhasil dilakukan, maka hasil tangkapan ikan nelayan akan berlimpah.




Sekali lagi waktu yang singkat adalah kendala dari observasi tentang campak dalung, baik sebagai ritual maupun budaya. Setidaknya ini membuka cakrawala adat dan kesenian lokal pulau Pongok di Kabupaten Bangka Selatan.












































Comments

Popular posts from this blog

PULAU CELAGEN

THE KOLONG

Sebenernya ini bukan tempat wisata tapi entah kenapa media sosial berhasil menyulap lahan pasca tambang ini menjadi menarik dan mengundang penasaran banyak orang.
Orang Bangka manggilnya kolong, atau gubangan besar bekas aktifitas penambangan, belum tahu jenis tambang legal atau sebaliknya, lagian legal atau tidak legal disini sudah jadi hal yang biasa didengar..
Setau saya kawasan pasca tambang ini tergolong lahan kritis, atau lahan yang tidak produktif untuk ditanami jenis tanaman perkebunan, pertanian dan holtikultura. Akhir-akhir ini tidak jarang banyak orang pintar yang mencoba mngubah lahan pasca tambang  menjadi lahan subur dan produktif. Memang bukan keniscayaan, toh ada lahan pasca tambang yang sekarang menjadi kawasan agrowisata dipangkalpinang, terintegrasi dan menjadi subur. intinya-mah bisa kalau ada kemauan.
Letaknya di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, banyak orang mengenalnya dengan sebutan air bara atau aik barre ada juga yang bilang air biru,…

EKSOTIKA PONGOK

Ini untuk kedua kalinya saya berkunjung menuju kecamatan kepulauan Pongok kabupaten Bangka selatan. Setelah pada Februari 2016 lalu saya juga sempat berkunjung ke kecamatan yang sama untuk melihat proses pembuatan ikan kering disentra ikan asin Desa Celagen.

Selain Desa Celagen kecamatan kepulauan Pongok memang memiliki satu Desa lainnya yaitu Desa Pongok, dari hampir 4000 jiwa warga Pongok 90 persennya berprofesi sebagai nelayan. Hasil laut memang menjadi kekayaan andalan dari Desa ini, tidak jauh berbeda dengan Desa Celagen. Jika kedatangan pertama saya ke kecamatan ini untuk mencari tahu potensi hasil lautnya, kali ini saya berniat untuk melihat potensi wisata bahari dan keindahan bawah laut dari Desa Pongok. Rasa penasaran akan keindahan kecamatan ini memang menjadi daya tarik yang saya simpan sejak kunjungan pertama ke Pulau ini, dan syukur Alhamdulillah bisa kesampaian. 

Di temani oleh kawan-kawan dari dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Bangka selatan, perjalanan mengeksplorasi…